Tuesday, February 22, 2011

Berbicara

Kemampuan berbicara bisa menjadi indikator kecerdasan seseorang, bila seseorang mengaku goblok padahal cara berbicaranya itu benar, terstruktur, rapi, dan memiliki kekuatan, pastilah dia orang yang cerdas, namun sampai saat ini orang dengan mudah menilai kecerdasan seseorang melalui gelar yang disandangnya. Hal itu bisa benar bisa salah.

Maksud saya bila kecerdasan itu telah memiliki implikasi yang jelas, bukan sekadar pemikiran tanpa bukti. Misalnya dua orang sama-sama bergelar sarjana, yang satu hanya mengandalkan belajar tanpa pengalaman dilapangan, yang satu belajar dan memiliki pengalaman. Secara sederhana kecerdasan lebih bisa diakui bila telah memiliki solusi dan implikasi.

Berbicara juga bisa menjadi indikasi kecerdasasn khusunya dalam hal verbal. berbicara merupakan bagaimana seseorang mengeluarkan output dari pemprosesan pikiran melalui rangkaian kata-kata yang bermakna dan ekspresif. Sejak kecil kita belajar berbicara, dan sampai sekarang secara spontan berbicara itu menjadi hal yang kita lakukan setiap saat, baik itu berbicara dengan diri sendiri, batin, maupun berinteraksi dengan orang lain.

Posting ini saya tulis karena terpikir bagaimana meningkatkan kemampuan berbicaara saya khususnya berbicara di depan publik secara spontan dan mendasar. Yang terpenting disini adalah hati-hati berbicara, karena merupakan otuput seseorang yang langsung ditangkap orang lain, dan memiliki dampak. Dampak itu bisa besar, bisa kecil.

No comments:

Post a Comment